1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Renovasi Tempat Usaha Keripik Pedas, Ekspansi UMKM Binaan Polbeng Sampai ke Rohil

image description

Pada Tahun 2023 ini Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dan PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan ekspansi wilayah pembinaan mitra UMKMnya, Jumat 24 November 2023.

Sasaran perluasannya adalah UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), salah satu UMKM  Keripik Pedas Banjar XII  beralamat di Jalan Banjar 12, Kec Tanah Putih, Kabupaten  Rokan Hilir, Riau.

Usaha tersebut dikelola oleh Yenti seorang wirausahawati yang ingin memberikan kontribusi ke masyarakat sekitar dengan menyediakan produk kerupuk.

Dilihat dari kondisinya, UMKM ini sangat layak untuk dibantu, oleh kerena itu Dosen dari Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis melakukan pengabdiannya kepada masyarakat pada UMKM tersebut, dengan skema penugasan yang diberikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, untuk melakukan revitalisasi terhadap rumah produksi UMKM Keripik Pedas Banjar XII.

Pada kegiatan revitalisasi ini, dilakukan pengecoran lantai beton rumah produksi seukuran 5m x 4m, hal ini dilakukan karena kondisi rumah produksi masih berlantaikan tanah, sehingga mengakibatkan kurang nyaman ketika berjalannya proses penggorengan dan proses pengemasan keripik pedas.

Atas bantuan yang diberikan oleh Tim Pengabdian Politeknik Negeri Bengkalis, Buk Yenti pemilik UMKM tersebut mengatakan sangat bersukur dan berterima kasih, kerena dengan adanya kegiatan ini keterbatasan sarana dan prasaran produksi mereka bisa sangat terbantu, dan harapan mereka dengan adanya bantuan ini mereka bisa lebih optimal dalam menghasilkan produk.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini terdiri dari Indriyani Puluhulawa, M.Eng, Dr. Eng. Noerdin Basir dan Dedi Enda, MT. Dalam kegiatan ini juga melibatkan beberapa pihak , yaitu mahasiswa dan juga masyarakat di sekitar yang ikut terlibat dalam proses renovasi rumah produksi tersebut.

 
share: