1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Tingkatan Kompetensi Mahasiswa, prodi ABI Selenggarakan Kuliah Praktisi Tata Laksana Kepabeanan Ekspor Barang Industri

image description

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa yang disamping memiliki pengetahuan teoritis, juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industry, program studi Adminitrasi Bisnis Internasional (ABI) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menyelenggarakan kuliah praktisi praktisi bertajuk "Customs Procedures to Export the Industrial Goods”pada Sabtu, 08 Juni 2024 di Ruang Mini Conference Lt 3 Gedung Kuliah Terpadu Polbeng. Sebagai narasumber dalam kegiatan Kuliah praktisi ini adalah Timoria Manurung yang merupakan Expert Supply Chain PT. Indah Kiat Pulp & Paper Perawang Tbk dan juga dosen praktisi di Program Studi ABI.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur Polbeng Johny Custer MT. Dalam sambuatannya, Direktur polbeng ini menyampaikan harapannya agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena dengan kegiatan ini, kita dapat menjembatani antara kompetensi lulusan perguruan tinggi dan kebutuhan kualifikasi di dunia kerja. “Dengan adanya kegiatan kuliah praktisi ini akan memberikan wawasan langsung kepada adik-adik mahasiswa mengenai tuntutan industri serta menekankan pentingnya penerapan hard skill dan soft skill dalam konteks persaingan didunia kerja” tutur Johny.

Selain itu, beliau juga mengapresiasi pelaksanaan seminar yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, sejalan dengan nama program studi penyelenggara yakni Administrasi Bisnis Internasional dan Rencana induk pengembangan Polbeng 2024-2028 yang isinya adalah Berdaya Saing Internasional yang dimana lulusan polbeng memiliki kemampuan serta kompetensi yang bisa berdaya saing berskala internasional.

“Selain Dengan dibekalinya dengan skill yang sesuai dengan bidangnya, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan untuk mahir dalam bahasa asing seperti bahasa inggris dan mandarin serta memiliki soft skill yang baik” tambahnya.

Seminar ini dihadiri oleh mayoritas mahasiswa Prodi ABI, baik Semester 4 dan sebagian Semester 6, serta beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi STIE dan STAIN. Kehadiran Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Johny Custer, S.T., M.T., turut memberikan semangat lebih pada kegiatan ini. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran Penjaminan Mutu (P4MP) Teguh Widodo, S.Sos., M.SM., M.Rech., Ketua Jurusan Administrasi Niaga Ibu Supriati, S.ST., M.Si., Ketua Program Studi ABI Ibu Wan Junita Raflah, B.Sc., M.Ec. Dev., serta bapak ibu dosen program studi Administrasi Bisnis Internasional.

Dalam paparannya, Ibu Timoria Manurung menjelaskan secara rinci tentang prosedur bea cukai dalam ekspor barang industri, memberikan wawasan praktis dan pengalaman nyata kepada para mahasiswa. Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek penting dalam ekspor, termasuk dokumentasi, regulasi, dan proses logistik yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk dapat mengekspor produknya ke luar negeri. Hal yang tak kalah menarik adalah pemaparan studi kasus yang berasal dari kondisi global terkini yang terjadi dan terkait dengan kegiatan ekspor. Kegiatan ini tidak hanya memberi wawasan bagi mahasiswa, namun juga menarik diikuti oleh bapak ibu dosen yang hadir pada seminar.


 
share: