1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Polbeng Gelar Wisuda Perdana D2 Fast Track

image description

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menggelar upacara wisuda Ahli Muda I, Ahli Madya XXI, dan Sarjana Terapan VIII yang berlangsung pada Sabtu 08 Juni 2024, di Gedung Miniconference Jurusan Administrasi Niaga. Wisuda kali ini adalah wisuda yang pertama untuk Program Studi (Prodi) D2 Fast Track atau jalur cepat.

Kali ini Polbeng mewisuda sebanyak 26 lulusan yang berasal dari Prodi D2 sebanyak 14 lulusan ini terdiri dari Prodi DII Teknik Pengelasan dan Fabrikasi 5 orang, Prodi DII Teknik Manufaktur Mesin 6 orang, dan DII Administrasi Jaringan Komputer 3 orang, program D3 sebanyak 6 lulusan dan Sarjana Terapan sebanyak 6 lulusan dan total lulusan Polbeng hingga saat ini yakni 6042 lulusan. Khusus untuk lulusan D2 Fast track ini dari 14 orang 50% telah bekerja di industry, 30% dalam proses seleksi dan sisanya sedang dalam prosen pencarian kerja.

Johny juga menyampaikan, bahwa pendidikan jalur cepat atau fast track merupakan implementasi dari merdeka belajar kampus merdeka yang memungkinkan mahasiswa berkesempatan untuk memperoleh pembelajaran diluar perguruan tinggi yang dapat diakui sebagai capaian kredit. D2 Jalur Cepat ini dirancang sebagai salah satu solusi untuk menjawab tantangan ketidaksesuaian antara lulusan dengan dunia industry dan dunia kerja.

 “Jadi, kuliahnya satu semester di Politeknik Negeri Bengkalis, dan 1 tahun di industri untuk magang. Ini program yang sebenarnya sangat-sangat bagus sekali, programnya Diploma 2, mahasiswanya nanti dapat ijazah, dan kuliahnya satu setengah tahun. Bahkan menurut industri, mereka para mahasiswa D2 Fast Track ini, memiliki kompetensi yang memadai untuk bekerja di industri masing-masing,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh ketua panitia wisuda Syariful Azmi bahwa untuk wisuda kali ini, menjadi yang pertama untuk D2 Fast track. Program yang sudah berjalan di Polbeng ini menjadi jembatan bagi lulusan SMK dalam meningkatkan kompetensi untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi dari apa yang telah dicapai sebelumnya. D2 Fast Track ini, lanjutnya, suatu program yang dilakukan dengan bekerjasama dengan SMK dan juga Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“Kepada masyarakat, D2 Fast Track ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan kompetensi siswa setelah menyelesaikan studi di SMK. D2 Fast Track ini menjadi jembatan untuk mereka yang ingin meniti karier dan melanjutkan ke jenjang pendidik yang lebih tinggi,” ucapnya Syariful Azmi

Hadir pula dalam wisuda Polbeng kali ini diantaranya Bupati Bengkalis yang wakili oleh, Wa Yth. Bupati Bengkalis diwakili oleh Plh. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ibu INSAN SRIWATI, Ketua Senat dan anggota Senat Polbeng, Mitra DUDI RAPP, IKPP, Kepala Sekolah SMKN 1 Bengkalis serta Ketua Jurusan, Kaprodi di lingkungan Polbeng. (humas)


 
share: