1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Perkuat Kerjasama di Bidang Geospasial, Polbeng dan Badan Informasi Geospasial Lakukan MoU Cibinong

image description

Politeknik Negeri Bengkalis bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) memperkuat kerjasama di bidang pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi terkait informasi geospasial. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Johny Custer dan Kepala BIG Prof. Dr. rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si., M.Sc yang berlangsung di Ruang Rapat Gedung A Lantai 2 BIG jalan Raya Jakarta-Bogor KM. 46. Cibinong, Rabu tanggal 5 juni 2024.

Johny Custer dalam sambutannya menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama terkait pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang informasi geospasial. Harapanya Kerjasama ini tidak hanya dikawasan lokal saja tetapi juga berkontribusi untuk Pembangunan nasional, memberikan dampak positif bagi masyarakat. Di dunia global saat ini, informasi geospasial sangat penting untuk pembuatan kebijakan, pengambilan keputusan, dan operasi ruang bumi. Pengembangan teknologi informasi geospasial perlu terus dilakukan agar dapat mengembangkan potensi dan pemanfaatan data digital, sehimgga akses informasi dapat semakin mudah, cepat, dan akurat bagi masyarakat dan instansi pemerintah, serta dapat meningkatkan kualitas kegiatan yang berkaitan dengan ruang kebumian. Informasi geospasial memiliki banyak manfaat yang dapat digunakan untuk perencanaan Pembangunan, pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan, penataan ruang kota, dan manajemen pengurangan risiko bencana, dll. Johny juga berharap MoU Pengelolaan Geospasial ini membawa manfaat substansial dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian Masyarakat (tri dharma perguruan tinggi) di Politeknik Negeri Bengkalis.

Prof. Muh Aris Marfai dalam sambutannya mengatakan sangat senang dengan kerjasma ini. Sesuai UU No 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, diman UU ini bertujuan menjamin ketersediaan dan akses terhadap Informasi Geospasial yang dapat dipertanggungjawabkan; mewujudkan penyelenggaraan Informasi Geospasial yang berdaya guna dan berhasil guna melalui kerja sama, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi; dan mendorong penggunaan Informasi Geospasial dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Mengingat pentingnya tujuan Informasi Geospasialm aka perlu dilaksanakan semaksimal mungkin, dalam hal ini perguruan tinggi (Polbeng) dapat mengambil peranan. Setidaknya ada 5 hal peranan perguruan tinggi bekerjasama dengan BIG. 1)Perpanjangan tangan BIG didaerah, dengan bergabung dalam jejaring perguruan tinggi dalam pusat pengembangan infrastruktur data geospasial, 2) Bekerjasama dengan Unit Simpul Jaringan (USJ), dimana USJ adalah institusi yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pengumpulan,  pemeliharaan, pemutakhiran, penggunaan dan penyebarluasan Data Geospasial (DG) dan Informasi Geospasial (IG) tertentu. 3)Kebutuhan SDM IG yang cukup tinggi. 4) Pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 5) BIG memiliki data yang cukup banyak yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan riset dan penulisan artikel ilmiah.

Akmal indra selaku Wadir 3 Polbeng turut menginformasikan langkah langkah kongkrit yang akan dilaksanakan setelah penandatangan Kerjasama ini, diantarnya akan menindaklanjuti dengan MoA dan diskusi teknis pelaksanaan.

Hadir dalam kegiatan ini, Johny Custer didampingi oleh Akmal Indra Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Noerdin Basir Dosen Teknik Sipil. Dari BIG tampak hadir Kepala Pusat Penelitian, promosi dan Kerjasama, Dr Suprajaka, MT dan Ibu Monie beserta tim lainnya.

 
share: