1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

POLBENG Laksanakan Upacara, Memperingati Hari Lahir Pancasila

image description

01 Juni diperingati sebagai hari dari dasar negara Republik Indonesia, yakni Pancasila. Sabtu (1/6), Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melaksanakan Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024. Bertempat di Halaman Gedung Jurusan Teknik Informatika, kegiatan ini diikuti oleh sivitas akademika dan tenaga kependidikan Polbeng.

Dimulai pada pukul 07.30 WIB, apel diawali dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Pemimpin Upacara. Selanjutnya, para peserta upacara menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta.

Pembina Upacara yakni Armada,S.T,M.T selaku Wakil Direktur I Polbeng turut memimpin Pembacaan Teks Pancasila. Kegiatan dilanjutkan dengan dikumandangkannya Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Kemudian membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Berdasarkan sambutan tersebut, Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Beliau juga menambahkan bahwa Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Semoga dengan memaknai Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, kita akan terus memperkuat persatuan dan maju demi membangun negara. Tutupnya

 
share: