1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Workshop Pengesahan Gambar Kapal, Memperkuat Kapabilitas Arsitektur Perkapalan

image description

Dalam upaya meningkatkan kapabilitas dan kualitas pendidikan di bidang teknik perkapalan, Politeknik Negeri Bengkalis melalui Jurusan Teknik Perkapalan menyelenggarakan workshop penting yang bertujuan untuk mengesahkan gambar kapal yang dirancang oleh mahasiswa. Kegiatan ini adalah bagian dari Program Competitive Fund DIV Teknologi Rekayasa Arsitektur Perkapalan tahun 2024.

Acara ini dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Johny Custer S.T., M.T., yang menekankan pentingnya integrasi antara teori yang diajarkan di kelas dengan praktik industri yang berlaku. "Kami berkomitmen untuk tidak hanya memberikan pengetahuan teoretis, tapi juga pengalaman praktis yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini," ujar Johny Custer dalam sambutannya.

Workshop yang dilaksanakan di aula Gedung Serbaguna Teknik Informatika ini menghadirkan Alfan Fadhli S.T., seorang Marine Surveyor dari Biro Klasifikasi Indonesia cabang Pekanbaru. Beliau memberikan pembekalan mendalam tentang standar dan regulasi yang harus dipatuhi dalam desain kapal.

Dr. Jamal M.T., ketua pelaksana CF tahun 2024 dari Jurusan Teknik Perkapalan, mengungkapkan pentingnya acara ini dalam kurikulum pendidikan perkapalan. "Workshop ini adalah kesempatan langka bagi mahasiswa untuk mendapatkan validasi langsung dari para profesional tentang desain mereka dan memahami lebih dalam tentang apa yang diharapkan dari mereka di lapangan," jelas Dr. Jamal.

Ketua Jurusan Teknik Perkapalan, Romadhoni S.T., M.T., juga menambahkan, "Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga siap menghadapi tantangan di industri perkapalan."

Workshop ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam pengembangan kurikulum dan praktik pengajaran di Jurusan Teknik Perkapalan, serta membuka lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam projek-projek industri yang relevan.


 
share: