1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Kebanksentralan, Bank Indonesia Selenggarakan “BI Mengajar” di Polbeng

image description

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) bersama Bank Indonesia (BI) berkolaborasi adakan program Bank Indonesia Mengajar, bertajuk ‘Kuliah Kebanksentralan: Aspek Kelembagaan Bank Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Pertemuan GKT 1 Polbeng pada hari selasa tanggal 07 Mei 2024.

BI Mengajar kali ini menghadirkan Kepala perwakilan BI Provinsi Riau, Panji Achmad sebagai narasumber. Para peserta mendapatkan edukasi tentang tugas BI, keamanan transaksi digital, pentingnya literasi keuangan digital, transformasi digital di sektor keuangan dan menjaga keseimbangan antara inovasi dan stabilitas keuangan dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Johny Custer, menyambut hangat kedatangan pihak BI yang terus menaruh perhatiannya kepada Polbeng terutama dalam pemberian beasiswa BI dan kegiatan kerjasama lainya, dan kami melihatt BI perwakilan Riau terus menaruh perhatian yang sangat tinggi terhadap Pendidikan guna menyiapkan generasi unggul dimasa akan datang.

Atas nama pimpinan Polbeng, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bank Indonesia Perwakilan Riau kepada Polbeng, dan hari ini Pak Panji selaku kepala perwakilan BI Riau bersama tim yang terdiri dari Surya Alamsyah-Kepala Tim Implementasi KEKDA, Anton Kisworo-Analis SP PUR, Ronald Ehsandi Putra-Pelaksana PUR, Rahmi Azitha-Analis Yunior SP PUR, dan Fahmi Irsyad-Staf Unit Kehumasan dan Pembina GENBI telah meluangkan waktu untuk silatulrahmi, menyapa dan memberikan perkuliahan kepada mahasiswa Polbeng.

Johny Custer menyatakan, baru kemaren tepatnya tanggal 06 Mei 2024 kami menandatangani perjanjian Kerjasama program Praktisi Mengajar dengan DirekturS umber Daya Kemendikbudristek, alhamdulillah hari ini tanggal 07 Mei 2024 langsung dilaksanakan kegiatan BI Mengajar oleh tim BI Perwakilan Riau. Kami melihat dan ini bukti BI terus manaruh perhatiannya pada dunia pendidikan guna menyiapkann generasi unggul dimasa yang akan datang. Johny juga berharap kolaborasi, sinergi dan Kerjasama antara Polbeng dengan BI terus dikembangkan dan ditingkatkan dalam rangka mewujudkan Pendidikan berkulitas dan menghasilkan lulusan yang kompeten, unggul dan berkarakter. 


Pak Panji Akhmad dalam paparanya menyampaikan tentang kebanksentralan dan menyatakan bahwa di Bengkalis pernah berdiri De Javasche Bank Bengkalis pada tahun 1927 yang menandakan bahwa Bengkalis memiliki sejarah yang terkait dengan Bank Indonesia. Materi materi yang disampaikan dalam BI Mengajar kali ini terkait dengan Kebansentaralan, Peran BI dalam Pengembangan UMKM, Digitalisasi Sistem Pembayaran, dan Cinta Bangga Paham Rupiah. Panji sangat senang dengan keseriusan mahasiswa menyimak dan banyaknya pertanyaan pertanyaan yang disampaikan.

Sementara Akmal Indra selaku Wadir III (Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama) yang didampingi oleh Nurul Fahmi (Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Polbeng) menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menambah literasi bidang keuangan, melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mengerti tentang layanan dan produk keuangan digital, serta berkontribusi pada visi Indonesia Maju. Akmal juga berpesan kepada mahasiswa yang memperoleh beasiswa untuk tidak lupa bersyukur, dengan belajar dengan baik dan aktif dalam kegiatan kampus maupun kegiatan BI, mahasiswa harus bisa menjaga diri, mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin di negara ini.

 
share: