1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Menandatangani Perjanjian Kerja Sama Program Parkatisi Mengajar Angkatan ke 4

image description

Bertempat di Ruang Graha Utama Gedung A, Lantai 3 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ruang Graha Utama Gedung A, Lantai 3, Kemendikbudristek menyelenggarakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan perguruan tinggi penyelenggara Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024, kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, tanggal 06 Mei 2024 tepat dimulai pada jam 09.00 WIB.

Praktisi Mengajar adalah bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), merupakan Program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek dengan tujuan lulusan dari perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program praktisi mengajar memungkinkan praktisi mendarmabaktikan keahlian dan pengalamannya dengan ikut serta mengajar mahasiswa di kelas kolaborasi. Harapannya, mahasiswa mendapat ilmu serta kecakapan sesuai kebutuhan dunia kerja dan profesional, pengalaman riil, dan jejaring dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Direktur Polbeng, Johny Custer mengatakan Polbeng sebagai perguruan tinggi vokasi sangat antusias dan komitmen dalam mengikuti kegiatan ini, mulai dari Angkatan 1 sampai dengan Angkatan 4 yang sedang berjalan saat ini. Pada Angkatan 1 yang dilaksanakan pada bulan Agustus s/d November tahun 2022 terdapat 20 kelas kolaborasi, pada Angkatan 2 (Januari s/d Juni 2023) terdapat 29 kelas kolaborasi, Angkatan 3 ( juni s/d desember 2023) terdapat 18 kelas kolaborasi, dan pada Angkatan ke 4 (januari s/d juli 2024) terdapat 30 kelas kolaborasi. Kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh ketua jurusan, koordinator program studi, koordinator praktisi mengajar, dosen pengampu mata kuliah dan praktisi yang telah melaksanakan program ini dengan baik dan sukses di politeknik negeri bengkalis. Bahkan pada tahun 2023 Polbeng berhasil memperoleh penghargaaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk sub kategori Perguruan Tinggi Vokasi Penyelenggara Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terbaik pada Program Praktisi Mengajar.

Pada pelaksanaan penandatanganan perjanjian Kerja Sama Praktisi Mengajar Angkatan 4, alhamdulillah polbeng ditunjuk sebagai perguruan tinggi pelaksana (PTP) untuk pelaksanaan seremoni penandatanganan Bersama dengan Plt. direktur sumberdaya kemendikbudristek. Penandatanganan kerja sama pada hari ini merupakan penanda dimulainya komitmen berkolaborasi antara perguruan tinggi dan para praktisi, untuk mendukung pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Sehingga, para mahasiswa Indonesia kelak dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul dan tangguh untuk membangun bangsa.

Johny berharap kegiatan praktisi mengajar dipolbeng betul betul dapat dirasakan manfaatnya oleh semua pihak. Bagi Mahasiswa : bisa membagun jejaring dunia usaha & dunia industri, memberikan pembelajaran dan pengalaman yang riil dalam dunia industri. Manfaat bagi Perguruan Tinggi : Kebaruan kurikulum berdasarkan pengalaman Praktisi, Penambahan nilai IKU 4 dan IKU 7, Jejaring DUDI yang lebih luas untuk kolaborasi mendatang. Praktisi : Kompensasi mengajar, Kesempatan berbagi ilmu dan pengalaman, Perusahaan/Industri : Mendidik dan menjaring SDM unggul lebih awal untuk membentuk pangkalan bakat, Menjadi bagian dari penggerak kemajuan pendidikan Indonesia, Membangun corporate branding institusi yang positif kepada publik.

Sementara Ibu Fajar Ratnawati selalu koordinator praktisi mengajar angkatan 4 Polbeng mengatakan Sudah 4 angkatan diikuti oleh politeknik negeri bengkalis dalam program praktisi mengajar ini. Program ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja. Terimakasih kepada bapak/ibu praktisi dan juga dosen pengampu yang telah bergabung di program ini.

 
share: