1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Dituntut Peka Terhadap Perubahan

image description

Sekitra 60 mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melakukan kunjungan dan Program Pengabdian ke Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu, Sabtu (18/11/2023).

Dosen Pengampu Jurusan Adminstrasi Internasional Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) Khairul Saleh, mengatakan melalui kegiatan kunjungan dan pengabdian seperti ini menjadi menjadi salah satu metode agar mahasiswa berbaur dan bersosialisasi dengan lingkungan terutama lingkungan masyarakat pedesaan.

Ia menjelaskan, mahasiswa sebagai agent of change atau agen perubahan harus memiliki kesadaran, kepekaan, rasa peduli dan tanggung jawab yang tinggi terhadap perubahan lebih baik dan memberikan manfaat serta menjadi pengontrol untuk diri sendiri, orang tua, teman, orang sekitar dan untuk negara.

Sementara itu Pj Kepala Desa (Kades) Buruk Bakul, Hasanunddin, mengapresiasi tim Politeknik yang melakukan kegiatan pengabdian bertukar informasi dan melakukan hal hal positif di desanya.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memberi manfaat yang besar baik bagi mahasiswa maupun bagi kami Pemerintah Desa Buruk Bakul,” ucapnya.

Dengan mengangkat tema membangun desa yang mandiri sehat dan berkeadilan sesuai dengan nilai nilai luhur Pancasila, kegiatan tersebut diisi dengan pemaparan profil dan monografi Desa Buruk Bakul yang disampaikan oleh Sekretaris  Beni Setiawan.

Sementara itu salah satu kelompok pengelola hutan mangrove sekat bakau desa Buruk Bakul Khaidir dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan bagaimana program program kelompok untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya pesisir desa yang berada di pulau Sumatera.

 
share: