1. Beranda
  2. Berita
  3. Detail

P3M Polbeng Laksanakan Kegiatan Pengabdian, Menerapkan Sistim Penguncian Pintu Smar Door Lock

image description

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melalui Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (P3M) telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan sistem penguncian pintu pada ruang laboratorium di Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bengkalis. Kegiatan ini dilakukan secara tim diketuai oleh Hikmatul Amri dan beranggotakan Jefri Lianda (Dosen), Hardi B (Laboran), M. Sandiko (mahasiswa), Abubakar Adnan (mahasiswa), dan Sapriansah (mahasiswa).

Pengabdian Masyarakat merupakan pengabdian penugasan yang bersumber pada dana PNBP Polbeng tahun 2023 melalui surat kontrak penugasan dengan nomor 140/KP-PM/P3M-PB/2023. Kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap pada tanggal 9 April dan 25 September 2023 ini bertujuan untuk memodifikasi sistem penguncian pintu ruangan laboratorium yang ada pada Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan ini diawali dengan membuka kunci manual yang ada pada pintu, mengganti sistem manual menjadi smar door lock, melakukan ujicoba, dan pemasangan kembali pintu yang sudah selesai dilakukan modifikasi ke tempat semula.

“Sistem pintu yang dipasang saat ini sudah menggunakan kontrol elektronik, sehingga masing-masing dosen, laboran dan admin yang memiliki kartu akses dapat membuka semua pintu yang sudah diregistrai” ujar ketua tim pengabdian. “Jadi tidak ada kejadian lagi kunci hilang sehingga dapat mengggangu kegiatan perkuliahan” tambahnya.

Saat ini sistem pintu smart door lock sudah dipasang pada Pintu Jurusan Teknik Elektro, Laboratorium Desain & Interface, Pemrograman, Otomasi Industri, Mesin Listrik, Listrik Dasar, dan Pintu WC dosen karyawan di Gedung Teknik Elektro. Kegiatan ini diakhiri dengan serah terima kepada ketua Jurusan Teknik Elektro bapak Syaiful Amri sebagai penerima manfaat.


 
share: